Kamis, 02 Februari 2017

Pengaruh Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan Mata Anak diKabupaten Sambas Tahun 2017


                      KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karuniaNya, sehingga saya dapat menyelesaikan penelitian sosial ini.
Penelitian ini merupakan tugas yang wajib dikerjakan oleh saya sebagai nilai untuk mengisi daftar nilai ulangan semester.
Dengan selesainya penelitian sosial ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan diantaranya masukan dari guru sosiologi saya.
Saya menyadari masih banyak kesalahan ataupun kekurangan dari penelitian ini, baik dari materi maupun bahan penelitiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman saya . Oleh karena itu, kritik dan saran yang dapat membangun sangat saya harapkan.


                                                                            Terima kasih
Sentebang, 30 Januari 2017


 Aras Mubarak






LEMBAR PENGESAHAN

Penelitian sosial tentang “ Pengaruh Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan Mata Anak diKabupaten Sambas Tahun 2017“. (Pemakaian gadget secara berlebihan menyebabkan kesehatan mata anak jadi terganggu).
Telah disetujui oleh :

Wahyu Wibisono (guru sosiologi) 


MOTTO
Berpikir Secara Cerdas 
Bertindak  Secara Cermat 😊


DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN.........................................................................................................
A.    LATAR BELAKANG
B. RUMUSAN MASALAH 
C. IDENTIFIKASI MASALAH 
D. TUJUAN DAN MANFAAT 
E. HIPOTESIS
F. BATASAN MASALAH 
BAB 2 LANDASAN TEORI................................................................................................
A.    DAYA KEMBANG OTAK PADA USIA ANAK-ANAK..................................
B.     BAHAYA RADIASI GADGET TERHADAP DAYA KEMBANG ANAK.....
BAB 3METODOLOGI PENELITIAN
            A.Metode pengumpulan data
B. Metode Analisis Data
BAB 4 HASIL PENELITIAN
A.   Daya Kembang Otak pada Usia Anak-anak
B.   Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Daya Kembang Anak
BAB 5
 KESIMPULAN DAN SARAN

-LAMPIRAN


BAB 1
PENDAHULUAN

  A. Latar Belakang 

  1.      Gadget adalah piranti yang berkaitan dengan perkembangan teknologi masa kini. Yang termasuk gadget misalnya tablet, smartphone, notebook dan sebagainya. Gadget yang difasilitasi dengan berbagai fitur dan applikasi yang menarik sehingga membuat anak suka dengan permainan didalam applikasi tersebut bahkan tidak heran bila anak kecil saat ini pandai sekali menggunakan gedget tersebut dengan begitu ahli nya. Setiap hari bermain gadget,sebagian besar orang tua menganggap hal ini wajar.Selain itu dapat menurunkan daya aktif anak dan kesehatan mata anak terganggu 



B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, ada beberapa rumusan masalah yang ingin penulis kemukakan yaitu :
  1.   Apa yang dimaksud Gadget itu?   
  2.      Bagaimanakah sejarahGadget?
  3.     Bagaimanakahperkembangangadget?
  4.     Aplikasi apa saja yang ada dalamgadget?
  5.    Apa Saja kegunaan dari gadget dalam Kehidupan?
    6.  Apa dampak gadget bagi kesehatan anak.


C. Identifikasi Masalah
1.      Remaja selalu menggunakan gadgetdalam keseharian mereka.
2.      Pelajar memiliki banyak alasan dalam menggunakan gadget di keseharian mereka.
3.      Gadget dapat berpengaruh terhadap remaja.
4.      Gadget mempunyai dampak-dampak positif maupun negatif terhadap remaja.
5.      Terdapat banyak penyalahgunaanremaja oleh remaja.



  D. Tujuan dan Manfaat 
- Menjelaskan daya kembang otak pada usia anak-anak.
-Menjelaskan bahaya radiasi gadget terhadap daya kembang anak.
-Dapat mengetahui informasi melalui sosmed. 




E. Hipotesis 
- Mengetahui pengaruh atau dampak yang ditimbulkan akibat bermain gadget bagi kesehatan mata dan perkembangan anak. 



F. Batasan Masalah 
  • Dapat mengatasi problematika siswa sekolah dasar terhadap gadget.
  • Dapat menjadi bahan pertimbangan orang tua kepada siswa SD tentang gadget
  • Diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya
  
BAB 2 
LANDASAN TEORI 
A. Menurut Jerry
Gadget dapat menyebabkan kesehatan anak terganggu.
B. PENGARUH  GADGET  TERHADAP KESEHATAN MATA  ANAK
-menyebabkan mata anak menjadi minus.
-menyebabkan kebutaan. 

"Gadget, yang dalam bahasa Indonesia disebut ancang, adalah suatu istilahdalam bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu piranti atau suatu alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis dan spesifik yang berguna dan umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru.
Laju perkembangan teknologi yang sangat cepat memang tak bisa dihindari, seperti sebuah siklus. Semakin pintarnya manusia saat inilah yang juga membuat ilmu pengetahuan semakin berkembang. Begitu juga dengan perangkat-perangkat teknologi, yaitu gadget. Gadget yang paling banyak digunakan saat ini adalahsmartphone yang ukurannnya kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sekarang ini, gadget dapat dimiliki oleh banyak orang, padahal dulu gadget hanya dapat dimiliki oleh orang-orang kalangan atas. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang berlomba menciptakan gadget dengan harga semurah mungkin (low price). Oleh karena itu, tak heran jika tak sulit untuk menemukan orang-orang yang menggunakan gadget mereka yang canggih.
Dengan gadget banyak yang dapat kita gunakan. Salah satunya kita dapa memperbanyak teman dengan cepat dan mudah. Apalagi sekarang sudah banyak sosial media yang ada di internet, dan untuk mengaksesnya tidak susah lagi. Lalu kita juga dapat menyampaikan kabar dengan cepat. Selain itu ada juga dampak yang akan ditimbulkan oleh karena penggungaan gadget ini. semakin maraknya tindak kriminal yang dilakuan di internet maupun secara langsung inilah yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna gadget.

  

BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN 
         
       
  1. Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan wawancara, metode survei adalah metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument  untuk meminta tanggapan dari responden tentang sampel sedangkan metode wawancara adalah bentuk komunikasi langsung antara peneliti dan responden, komunikasi berlangsung dalam bentuk Tanya-jawab dalam hubungan tatap muka, sehingga gerak dan mimik muka responden dapat menjadi pelengkap ekspresi responden.
  1. Metode Analisis Data
Dalam mengkaji data pada penelitian ini meggunakan pendekatan  kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu suatu pendekatan dalam melakukan penelitian mengenai fenomena pemilu ini yang berorientasi pada gejala-gejala yang bersifat alamiah maka sifatnya naturalistik dan mendasar atau bersifat kealamiahan serta tidak bisa dilakukan di laboratorium melainkan harus terjun di lapangan, meneliti secara langsung mengenai kebudayaan jam yang berlaku di sekolah, dengan tujuan  menggambarkan suatu gejala sosial.    
          



  
BAB 4
HASIL PENELITIAN 

A.   Daya Kembang Otak pada Usia Anak-anak
      Daya kembang otak pada usia anak-anak begitu pesat, sangat optimal bila ortu dapat mengoptimalkan kemampuan anaknya. Tidak hanya itu daya ingat anak juga masih sangat tinggi. Perkembangan otak pada anak-anak yang sangat baik ini, sangat disayangkan bila kurangnya dukungan orang tua dalam meningkatkan kemampuan anak.


B.   Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Daya Kembang Anak
      Bahaya radiasi gadget terhadap daya kembang anak adalah radiasi dari penggunaan gadget yang tergolong gelombang RF, bukan merupakan gelombang yang sangat mematikan dan berbahaya. Penelitian lain menunujukkan radiasi nonionisasi(termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang. Penyakit yang berpotensi timbul karena radiasi gadget adalah kanker, tumor otak, parkinson, sakit kepala. Dibanding orang dewasa, anak-anak zaman sekarang sudah mengenal teknologi nirkabel sejak kecil sehingga waktu bersentuhan dengan radiasi lebih panjang.
                    
  BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN
A.KESIMPULAN

Gadget dapat mempengaruhi daya kembang otak anak dalam pertumbuhan nya. Gadget juga  memiliki bahaya radiasi yang cukup berbahaya yang dapat mempengaruhi kemampuan kerja otak dan saraf mata anak. Dan gadget merupakan sarana media bermain untuk anak-anak,tinggal bagaimana peran orang tua mengontrol anak nya bermain gadget agar kesehatan mata anak terjaga.

B.SARAN
Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan otak anak dan bagi kesehatan mata nya agar tidak berpengaruh besar terhadap kesehatan nya. Dan sebaik nya orang tua mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini.




DAFTAR PUSTAKA


Jerry B.1999.com 😉🎏

😊😊😊😊😊😊😊😊😊😊😊




Tidak ada komentar:

Posting Komentar